1. Akun Swift
  2. Penggunaan Swift
  3. Mulai Menggunakan Swift

Mulai Menggunakan Swift

Gunakan Swift dengan mulai memasukkan infomasi penting usaha Anda dalam lima langkah berikut.

Informasi Dasar

Tambahkan informasi dasar dan logo yang tampil pada faktur.

  • Informasi dasar: Anda dapat memasukkan informasi dasar perusahaan pada menu Master > Company Setup.
  • Logo: Anda dapat mengunggah logo pada menu Master > Settings Faktur.

Informasi Keuangan

Tambahkan informasi tentang keuangan.

  • Periode pembukuan: Anda dapat mengubah periode pembukuan pada menu General Ledger > Account Codes > Setup.
  • Aturan perpajakan: Atur pajak sesuai dengan usaha, dan jika pajak inklusif atau eksklusif pada transaksi pembelian dan penjualan. Aturan ini dapat dilakukan pada menu General Ledger > Setup, pilih Tax & Costs.
  • Date lock: Atur lock tanggal di mana pengguna tidak dapat menambah atau mengubah transaksi pada Swift. Ini biasanya diset saat mempersiapkan laporan akhir tahun atau akhir periode. Untuk mengatur lock period, ke menu Master > Date Lock, pilih periode. Klik Save.

Akun dan Daftar Perkiraan

Sesuaikan daftar perkiraan atau kode akun yang menyusun kelompok dan kategori transaksi usaha.

  • Daftar perkiraan: Anda dapat mengatur daftar akun pada menu General Ledger > Accounts Codes > Accounts
  • Kode akun: Anda dapat mengubah akun transaksi pada menu General Ledger > Account Codes > Setup.

Transaksi dan Stok

Masukkan informasi saldo awal transaksi, gudang dan stok.

  • Saldo awal: Anda dapat memasukkan saldo awal hutang dan piutang pada menu utama Transaksi > Saldo Awal. Jika perlu, Anda dapat menambahkan Customer dan Vendor pada menu Master > Customer dan Master > Vendor.
  • Gudang: Tambah atau kelola setiap gudang yang merupakan tempat penyimpanan inventaris barang, pada menu Master > Stok > Gudang.
  • Stok: Tambahkan stok baru dan saldo awal stok pada menu Master > Stok.

Pengguna dan Izin Akses

Tambahkan pengguna dan kelola tingkat atau izin akses masing-masing pengguna.

  • Pengguna: Anda dapat menambah pengguna pada menu Master > User.
  • Izin akses pengguna: Anda dapat mengatur tingkat atau izin akses pada menu Master > Role untuk masing-masing pengguna.

 

Lebih lanjut dari topik ini:

Menambah informasi dasar perusahaan

Menambah logo pada faktur

Mengatur periode pembukuan

Mengatur pajak transaksi

Mengatur daftar perkiraan perusahaan

Mengubah kode akun transaksi

Menambah saldo awal transaksi

Menambah gudang

Menambah stok

Menambah pengguna

Mengatur izin akses pengguna

Terakhir update: 16-Jan-2023